Aliran Rasa Membangun Karakteristik Anak Melalui Dongeng

Alhamdulillah akhirnya selesai sudah mengerjakan tantangan 10 hari di level 10 bunda sayang kali ini dengan tema membangun karakter anak melalui dongeng.

Tema kali ini merupakan salah satu tema kuliah bunda sayang yang cukup menantang selain menstimulasi anak suka membaca. Kenapa? Karena sejujurnya saya belum pernah mengarang dongeng sendiri untuk anak. Selama ini saya selalu membacakan dongeng melalui buku cerita saja.

Dan berikut ada 3 manfaat yang saya rasakan setelah mengikuti tantangan di level ini, yaitu:

kuliah bunda sayang ibu profesional level 10

1. Melatih kreativitas orang tua

Tema kuliah bunda sayang level sebelumnya adalah bagaimana orang tua mencari kegiatan untuk meningkatkan kreativitas anak. Dan di level ini justru saya merasa sebaliknya. Saya malah tertantang untuk lebih kreatif dalam membuat dongeng sendiri untuk anak.

Ada beberapa tips untuk mencari inspirasi cerita. Yang pertama tentu dari buku-buku dongeng yang tokoh dan jalan ceritanya diubah ataupun ditambahkan. Kalau menulis jangan lupa ditambahkan sumber ceritanya ya.

Yang kedua bisa diambil dari kisah-kisah nyata yang mengandung nasehat. Terkadang kalau sudah mentok saya suka cerita kisah masa lalu saya semasa kecil. Dan ternyata anak saya suka sekali mendengar cerita tersebut.

2. Mendongeng sesuai dengan umurnya

Untuk anak pertama saya yang berumur 6 tahun, di beberapa dongeng saya masukkan kisah yang imajinatif seperti cerita si kelelawar dan burung hantu.

Sedangkan untuk anak kedua yang berumur 2 tahun, saya masukkan tokoh-tokoh yang dia ketahui dengan kisah yang realistis. Isi ceritanya pun yang singkat-singkat saja karena atensi si anak belum bisa terlalu lama.

3. Menasihati melalui dongeng lebih diterima oleh anak

Sejauh ini di setiap dongeng yang saya ceritakan selalu mengandung pesan moral. Beberapa hari setelah cerita pun si anak masih ingat dengan jalan cerita dan pesan moralnya. Mungkin karena menasihati melalui dongeng itu jauh lebih menarik ya dibanding dengan mamanya ngomong langsung to the point. Hahaha

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.