Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini Hari 9: Bermain Jual-Jualan

Kuliah Bunsay IIP game level 8

Setelah kemarin belajar mengenal uang dan konsep uang sen, hari ini kami mulai belajar mempraktekan proses jual-beli. Tapi hanya  bermain-main saja.

Saya menempelkan beberapa label harga di mainannya. Saya jadi penjualnya dan anak saya jadi pembelinya. Uang yang digunakan menggunakan uang nyata. Alasannya supaya anak makin mahir belajar mengenal uang berdasarkan nilai, warna dan bentuknya.

Dari hasil pengamatan anak saya sudah bisa membedakan uang-uang tersebut dengan baik. Yang jadi kendala adalah ketika harga barang itu membutuhkan lebih dari 1 lembar atau koin untuk membayarnya.

Misalnya harga barang $3. Karena tidak ada 1 lembar atau koin sebesar $3 maka si anak harus memberikan 1 uang kertas sebesar $2 dan 1 uang koin sebesar $1. Kakak harus mengingat kembali pelajaran mengenai penjumlahan matematika. Dan saya jelaskan padanya bahwa matematika benar-benar ada di sekitar kita bukan?

Di akhir saya juga jelaskan kalau tidak punya uang sebesar $3 cukup berikan uang yang nilainya lebih besar dari $3. Nanti kasir akan memberikan uang kembalian sisanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.