Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini Hari 4: Konsep Belanja

kuliah bunda sayang IIP game level 8

Selama ini si anak memang sudah sering ikut saya pergi untuk membeli sesuatu. Dan dia tahu kalau ingin membeli sesuatu harus bayar dulu dengan menggunakan uang. Tetapi saya belum paham apakah si anak ini sudah benar-benar tahu dengan konsep uang yang sebenarnya?

Pada saat membeli makanan di luar saya ajak si anak untuk membantu memberikan uang ke kasir. Biar dia benar-benar tahu dan lihat bagaimana proses membayarnya. Dari memberikan uang, mengambil uang kembalian sampai dengan mendapatkan struk belanja.

bantu mama belanja

Sesampainya di rumah kami sedikit berbincang mengenai konsep belanja. Saya bertanya kepada si anak mengapa untuk membeli barang kita butuh uang? Dan jawaban anak saya adalah buat bayar. Hahaha. Betul sih, tapi saya jelaskan lebih detail bahwa uang merupakan alat tukar untuk membeli barang. Kakak dapat barang, toko dapat uang.

Dan saya bertanya lagi kalau kakak punya uang pada saat belanja uangnya jadi tambah banyak atau tambah sedikit? Dan dia menjawab tambah sedikit. “Tapi dapat barang kan ma?”, imbuhnya. Yak, sampai disini sepertinya si anak sudah mulai paham mengenai konsep uang dan belanja (spending).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.