Menstimulasi Anak Suka Membaca

Menstimulasi Anak suka membaca game level 5 IIP kuliah bunda sayang ibuku pejuang literasi

Waktu pertama kali dengar tema menstimulasi anak suka membaca di game level 5 kuliah bunda sayang, rasanya super deg-degan banget. Kenapa? Karena sejujurnya saya tidak terlalu suka membaca. Awalnya saya berfikir, duh bisa tidak ya?

Nah karena saya menginginkan anak untuk suka membaca, maka saya harus mulai perubahan dari diri sendiri terlebih dahulu.

Maka dari itu di tantangan kali ini tidak hanya anak kedua saya yang berumur 18 bulan saja yang ikut serta, melainkan saya juga ikut menerima tantangan untuk membaca buku selama 10 hari berturut-turut.

Lalu bagaimana dengan buku-bukunya?

Untuk anak 18 bulan saya mencari beberapa kriteria buku seperti:

  1. Halaman yang tebal (tidak mudah sobek)
  2. Gambar yang menarik
  3. Kosa kata yang sedikit.

Untuk saya sendiri, saya sedang tertarik mengenai dunia blogging dan perencanaan keuangan. Maka dari itu buku yang saya pilih adalah Blogging: Have Fun and Get The Money karya Carolina Ratri dan Make it Happen karya Prita Hapsari Ghozie. Karena posisi saya sekarang berada di luar negeri dan susah mendapatkan buku fisik, saya lebih memilih untuk membeli e-book yang bisa didapatkan secara online.

Target saya gak muluk-muluk, cukup membaca 1 bab saja sehari. Walaupun sedikit yang penting tetap konsisten.

Dan di akhir kami membuat pohon literasi bersama yang berisi buku-buku yang kami baca selama 10 hari.

Pohon literasi keluarga ibuku pejuang literasi kuliah bunda sayang iip game level 5

Beberapa Catatan  Menstimulasi Anak Agar Suka Membaca

1. Tumbuhkan Rasa Cinta Buku pada Orang Tua

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya menumbuhkan rasa cinta buku pada orang tua?

Mulai lah memilih buku dengan topik-topik yang Anda sukai. Misalkan saja Anda orang tua baru, tentu rasanya ingin tahu banyak bagaimana cara mendidik anak dengan baik. Maka bacalah buku-buku yang berhubungan dengan hal tersebut.

Pepatah “tidak ada orang yang tidak suka membaca, mereka hanya belum menemukan buku yang menarik” itu ada benarnya juga. Setidaknya ini berdasarkan pengalaman saya sendiri.

2. Membaca Nyaring

Membiasakan membaca buku pada anak sedari kecil merupakan salah satu cara untuk mengajak anak agar suka membaca.

Keuntungan lainnya adalah si anak mampu menyerap lebih banyak kosa kata, belajar untuk memahami alur dan isi cerita serta meningkatkan bonding antara orang tua dan anak.

quote teman dan keluarga (3)

3. Membaca Buku Sesuai dengan Rentang Umurnya

Seperti yang saya jelaskan di atas karena anak saya masih 18 bulan maka buku yang saya pilih kriterianya adalah halaman yang tebal, gambar yang menarik dan kosa kata yang sedikit.

Kriteria buku lainnya yang sesuai dengan tahapan anak bisa dibaca lebih lanjut di readingbrightstart.

4. Ciptakan Momen yang Menyenangkan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah sebisa mungkin jangan memaksa anak untuk membaca.

Karena anak saya masih berumur 18 bulan dan mood nya sangat tidak bisa ditebak, saya belum berani untuk memberikan jadwal rutin membaca. Saya hanya mengajaknya membaca jika dirasa mood nya sedang bagus.

5. Konsisten

Cukup luangkan waktu sedikit saja setiap harinya untuk membacakan buku pada anak. Karena buku balita itu halamannya tidak banyak, rata-rata waktu yang saya habiskan untuk membacakan buku hanya sekitar 5-10 menit saja.

Sama seperti ketika saya membaca buku untuk dewasa. Ternyata ketika saya memberikan target membaca 1 bab saja per hari, saya bisa menyeselesaikan 1 buku selama 7 hari saja. Jadi kuncinya adalah seberapa besar kita konsisten dalam membaca.

Catatan  aliran rasa Menstimulasi anak suka membaca

Advertisements

3 thoughts on “Menstimulasi Anak Suka Membaca

  1. Mba, menarik banget tips nya. Anak pertama ku ga suka buku karena lebih sering nonton TV.hiks. iya nih anak keduaku sekarang 14 bulan. Harus mulai dirutinin tiap malam dibacaiin buku cerita gitu yaa biar dia nantinya suka baca. Kadang bundanya suka ngedown kalo anaknya ga konsen. Haha thanks for sharing ya mba

    Like

    1. Sama mba anak saya yg pertama juga ga suka buku. Tp skrg dia lg suka dengerin saya membaca buku dongeng untuk dia (baca nyaring). Yang kedua sama juga, sebentar2 bacanya. Saya juga masih belajar dan menelaah gimana style si anak agar anak suka membaca. Semangat 👍

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.