Menstimulasi Matematika Logis pada Anak: Membuat Bangun Datar dari Stik Es krim

math around us game level 6

Di hari terakhir menstimulus matematka logis kali ini saya akan mencoba mengajak si anak membuat bangun datar dari stik es krim. Biasanya si anak sudah bisa untuk menebak nama dari sebuah gambar bentuk geometri. Nah, sekarang dibalik. Kira-kira si anak bisa tidak ya kalau disuruh membuat bentuk geometri sendiri?

Bentuk geometri yang saya ajarkan kali adalah triangle, square, diamond, pentagon dan hexagon. Setiap bentuk saya jelaskan ada berapa sisi dan juga benda-benda di sekitar kita yang mirip dengan bentuk geometri tersebut. Misalkan saja diamond mirip dengan bentuk layang-layang, hexagon mirip dengan bentuk sarang lebah, dll.

aktivitas montessori anak

Dan ternyata pada pelaksanaannya si anak agak kesusahan untuk membuat pentagon dan hexagon. Jadi saya harus memberikan contohnya terlebih dahulu.

Setelah selesai membuat dari 1 jenis bentuk geometri, sekarang saatnya membuat gambar yang merupakan gabungan dari 2 bentuk geometri. Saya membuat gambar rumah yang terdiri dari bentuk triangle dan square.

mebuat rumah dari stik es krim

Namun ternyata si anak protes bahwa bentuk rumahnya tidak seperti itu. Haha. Yha, di Singapura sebagian besar rumah berbentuk apartemen atau rumah susun. Dan akhirnya kami membuat 3 tumpuk square yang menyerupai rumah kami.

membuat rumah susun dari stik es krim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.