Perjalanan Blog di Tahun 2018

Perjalanan Blog di Tahun 2018

2018 adalah tahun yang penting untuk perjalanan blog saya karena di bulan September 2018 situs ini diluncurkan.

Berawal dari tempat untuk mengerjakan homework dari salah satu kelas online, menjadi sebuah wadah penyaluran hobi yang lebih serius.

Tidak hanya menulis saja yang tersalurkan, kemampuan fotografi dan desain grafis pun ikut berkembang sejak adanya blog ini.

Dan berikut adalah timeline berkembangnya blog Momanika di tahun 2018.

September 2018

Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memilih platform WordPress untuk menulis blog. Selain karena gratis, beberapa review mengatakan bahwa situs ini lebih mudah untuk digunakan.

Di bulan September saya hanya menulis untuk sekedar mengerjakan homework saja.

Blogpost pertama saya
Blogpost pertama saya

Tantangan terbesarnya adalah perlu usaha ekstra untuk menyalurkan ide yang ada di otak menjadi sebuah tulisan. Untuk satu tulisan yang berjumlah kurang lebih 100 kata saja bisa menghabiskan waktu sebanyak 2 jam. Haha, anak pemula banget.

Oktober 2018

Di bulan Oktober saya mulai mengikuti salah satu komunitas blogger. Menurut saya banyak sekali manfaat untuk mengikuti komunitas ini. Antara lain dapat menambah ilmu tentang dunia blogging, silaturahmi dan juga blogwalking antar anggota yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Selain menulis homework, di bulan ini saya mulai mengikuti challenge yang diadakan oleh komunitas tersebut.

first challenge
Challenge pertama dengan tema Liburan Keluarga
November 2018

2 bulan aktif menulis membuat saya makin mantap untuk membeli situs berbayar. Di bulan November situs momanika.wordpress.com berubah menjadi momanika.com. Itupun belinya waktu lagi diskon. Haha, emak-emak banget yaa.

Copy of Monika Hestiana (1)
Alasannya simpel aja, biar makin semangat nulis dan belajar tentang dunia blogging. Karena eman-eman kan kalau udah bayar tapi gak mau nulis dan belajar?

Desember 2018

Di bulan Desember saya mencoba untuk mengikuti komunitas blogger yang lain. Tujuan awal hanya ingin menambah ilmu baru saja. Tetapi setelah saya perhatikan ternyata semangat menulis dari blogger lain itu juga menular loh.

Secara keseluruhan untuk tahun 2018 ini saya memiliki target untuk belajar menulis yang baik dan juga berusaha untuk menaikkan jumlah pengunjung blog setiap bulannya.

Kedepannya saya ingin belajar yang lebih teknikal lagi seperti Search Engine Optimization (SEO), Domain Authority (DA) dan juga Page Authority (PA). Kalau kalian punya atau tahu artikel tentang 3 hal di atas boleh banget ya share comment bawah ini.

Advertisements

4 thoughts on “Perjalanan Blog di Tahun 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.