Mengamati Gaya Belajar Anak Hari 1: Memahami Bacaan

Mengamati gaya belajar anak hari 1

Pada tantangan game level 4 kali ini kami diajak untuk mengamati bagaimana gaya belajar anak. Nah, lagi-lagi saya memilih anak sulung yang sering saya sebut dengan Kakak (umur 5 tahun) sebagai teman saya dalam mengerjakan tantangan.

Kali ini saya akan mencoba untuk mengamati seberapa besar pemahaman anak saya pada suatu bacaan/cerita. Tetapi bacaan yang digunakan adalah bahasa Melayu/Indonesia karena Kakak lebih mahir menggunakan bahasa ini dibandingkan dengan bahasa Inggris.

Buku cerita yang saya pilih adalah buku cerita bergambar. Kemudian setelah selesai membaca saya menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan cerita tersebut untuk mengetahui seberapa besar pemahaman si Kakak. Metode yang saya lakukan ada 3 macam, yaitu:

  1. Kakak membaca buku sendiri
  2. Saya membacakan buku tanpa memperlihatkan gambar
  3. Saya membacakan buku sambil memperlihatkan gambar

Buku yang saya gunakan berbeda-beda untuk masing-masing metode. Alasannya kalau saya menggunakan buku yang sama, ketika saya mengerjakan metode yang kedua dan ketiga jadi bias karena kakak sudah tau jalan ceritanya di buku tersebut.

Setelah mengamati kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Kakak mendominasi gaya belajar Visual dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bicara agak cepat
  2. Mengingat apa yang dilihat, bukan didengar
  3. Lebih suka membaca daripada dibacakan

Nah, sejujurnya saya baru menyadari bahwa Kakak dalam kegiatan kali ini sangat tidak sesuai dengan tipe gaya belajar Auditori. Terlebih ketika saya melakukan metode nomor 2 dimana saya membacakan buku tanpa memperlihatkan gambar, seperti tidak fokus. Ketika saya bertanya, banyak sekali jawaban yang tidak benar. Tapi kalau baca sendiri, hampir semua jawaban benar.

Apakah Kakak memang anak yang tipe gaya belajarnya Visual? Hmm, masih terlalu dini untuk menyimpulkan. Mari kita lihat bagaimana gaya belajar Kakak di 9 hari selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.