2 Hari Liburan di Singapura, Kemana Saja?

Ini adalah cerita liburan kemarin sekitar bulan Juli 2018. Dimana lima teman saya semasa kecil merencanakan liburan bersama di Singapura. Karena mereka cuma 2 hari disini, kita benar-benar merencakan liburan dengan matang. Ada beberapa list tempat wisata yang ingin kami kunjungi, tetapi pada akhirnya kami memilih Singapore Cable Car, Skyline Luge dan Gardens by the Bay sebagai tempat yang dikunjungi di hari pertama.

Singapore Cable Car

Salah satu tempat destinasi yang cukup terkenal di Singapura adalah Pulau Sentosa. Kalau kalian sering dengar Universal Studio Singapore (USS) itu adalah salah satu objek wisata yang berlokasi di Pulau Sentosa. Tapi kami gak main kesana karena pertimbangan waktu yang hanya sebentar.

Banyak cara untuk menuju Pulau Sentosa dari Singapore, salah satunya adalah dengan Singapore Cable Car.

Saya beli tiketnya di Klook. Yang saya suka dari Klook adalah pembeliannya melalui online (efisiensi waktu & gak perlu antri panjang di wahana) dan mendapatkan tiket melalui email langsung setelah melakukan pembayaran.

Singapore Cable Car dilihat dari Mount Faber

Jadi, ada 2 jalur di Singapore Cable Car. Mount Faber Line adalah Jalur yang menghubungkan Singapore dengan pulau Sentosa. Sedangkan Sentosa Line adalah jalur cable car di dalam pulau sentosa itu sendiri.

SingaporeCableCarSkypass
Jalur Singapore Cable Car, Sumber: Klook

Nah, kami naik pertama kali dari stasiun Mount Faber. Kalau ditanya naik apa kesana, tentulah saya naik taksi. Karena pertimbangan stasiun tersebut lumayan jauh dari MRT terdekat dan jalannya menanjak, agak repot kalau bawa anak-anak.

Yang aku suka dari Singapore Cable Car adalah kapasitas untuk satu cabin lumayan besar, muat untuk 8 orang dan bisa bawa stroller di dalam cabin. Cocok banget untuk liburan keluarga terutama bagi yang membawa anak kecil.

Ketika di dalam Singapore Cable Car kami bisa melihat pemandangan Indah di sekitar selatan Singapura. Pepohonan rindang di sekitar Mount faber, pelabuhan, laut dan juga beberapa wahana di Pulau Sentosa yang bisa kami lihat dari atas seperti Dolphin Island.

Salah satu pemandangan indah yang dilihat ketika naik Singapore Cable Car

Waktu tempuh dari stasiun Mount Faber sampai Sentosa sekitar 10-15 menit.

Skyline Luge

Setelah selesai makan siang, kami melanjutkan aktivitas ke wahana selanjutnya yaitu Skyline Luge.

Skyline Luge lokasinya dekat sekali dengan stasiun cable car Sentosa, hanya sekitar 2 menit berjalan kaki.

SkylineLuge
Atas: Skyride, Bawah: Luge. Sumber: Klook

Skyline Luge terdiri dari dua wahana yaitu Luge dan Skyride. Kedua wahana ini penumpangnya wajib menggunakan helm untuk alasan keamanan. Saya harus menambah tiket sebesar SGD 3 untuk anak saya yang berumur 5 tahun dan pada saat naik Luge anak saya harus duduk (bonceng) bersama orang dewasa.

Luge itu seperti kendaraan yang hanya menggunakan roda dan gravitasi untuk menjalankannya. Jadi track kendaraannya menurun, tapi jangan salah walaupun ga pakai mesin Luge ini bisa ngebut banget. Seru deh pokoknya.

Sedangkan Skyride mirip seperti cable car. Bedanya, ketinggiannya lebih rendah dan terbuka. Jadi punya adrenalin sendiri kalau naik ini. Hihi.

Pemandangan dari atas Skyride

Tips: Diusahakan menggunakan sepatu tertutup. Karena pada saat kami menaiki Skyride, di bawah banyak sandal-sandal yang jatuh. Gak lucu juga kan udah seneng-seneng naik Skyride terus tiba-tiba badmood karena harus nyari sandal yang jatuh 😅

***

Selesai dari Skyline Luge kami melanjutkan perjalanan untuk menuju Sentosa Merlion, Kami menuju kesana dengan menggunakan Singapore Cable Car naik dari stasiun Imbiah Lookout menuju ke stasiun Merlion. Waktu tempuh sekitar 3-5 menit.

Sesampainya di Sentosa Merlion kami hanya sempat untuk berfoto saja. Karena waktu sudah sore hari, kami pindah untuk menuju destinasi selanjutnya yaitu Gardens by The bay untuk naik ke OCBC Skyway dan melihat Garden Rhapsody.

Gardens by The Bay

OCBC Skyway malam hari dengan latar belakang gedung Marina Bay Sands

Sesampainya disini kami langsung menuju ke OCBC Skyway, yaitu jembatan yang menghubungkan Supertrees (menara pohon iconic di Gardens by the Bay). Harga tiketnya sebesar SGD 8 dan bisa dibeli di loket dekat OCBC Skyway atau beli disini jika kalian juga ingin masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest.

Kami beruntung pada saat menaiki OCBC Skyway, ada gladi resik untuk perayaan ulang tahun Singapura. jadi kami bisa melihat Air Show dari jembatan ini.

Setelah maghrib, kami pun menonton Garden Rhapsody, yaitu perpaduan antara musik dan light show di Supertrees Garden by The Bay dan tentunya show ini gratis. hehehe

***

Karena sudah malam kami mengakhiri untuk sesi jalan-jalan hari pertama. Jalan-jalan dilanjutkan keesokan harinya di sekitar Orchard Road untuk wisata belanja

4 thoughts on “2 Hari Liburan di Singapura, Kemana Saja?