Melatih Kemandirian Anak: Belajar Mandi Sendiri

Copy of TEXT HERE (3)

Pada game kali ini kami disarankan untuk memilih sumber referensi. Referensi yang saya pilih berasal dari SumberKemandirianAnak yaitu poin dapat melayani diri sendiri, terutama untuk hal-hal pribadi. Kemampuan atau skill yang saya pilih sebagai tantangan yang kedua adalah belajar mandi sendiri. Saya memilih Kakak (umur 5 tahun dan berjenis kelamin perempuan) sebagai teman saya dalam menjalankan tantangan game level 2 kali ini dan saya akan menulis mengenai perkembangan kemandirian ini selama 5 hari berturut-turut.

Menurut healthychildren.org umur 5 tahun ini termasuk rentang umur yang disarankan  diajarkan kemandirian untuk dapat mandi sendiri. Pas banget karena terkadang saya sudah tidak sanggup untuk memandikan apalagi kalau si adik bayi yang sekarang berumur 1 tahun sudah bangun. Ribet euy, gak mungkin juga kan saya mandiin Kakak sambil gendong si Adik, soalnya si Adik ini lagi ada di fase yang lagi nempel-nempelnya sama Mamanya banget (balada hidup rantau dan gak punya Asisten Rumah Tangga).

Catatan: Tidak ada unsur paksaan pada anak dalam memilih dan mengikuti tantangan kali ini

Hari #1, 9 Oktober 2018: Belajar Gosok Gigi yang Baik dan Benar

Kakak sebenernya sudah bisa gosok gigi sendiri tapi entah kenapa kok cepet banget ya gosok giginya, gak tau deh itu bersih atau tidak 😁. Nah, malam sebelumnya saya ajak Kakak untuk nonton video gosok gigi yang benar, video bisa dilihat disini. Dengan memberikan referensi melalui video biasanya anak akan lebih menerima.

Menurut video tersebut, gosok gigi yang benar itu minimal 2 menit. Bagian yang harus digosok adalah gigi bagian dalam, luar dan lidah dengan gerakan memutar atau maju mundur.

Pada saat Kakak melakukan sikat gigi saya menyiapkan timer supaya Kakak bisa tahu 2 menit itu selama apa. Kakak menggunakan kaca selama menggosok gigi, sehingga lebih mudah untuknya dalam menyikat giginya. Karena masih pertama kali, saya masih membantu Kakak sekali-kali. Saya bilang sambil memegang tangannya, “Gini loh Kak caranya sikat gigi gerakan memutar, gini loh cara menyikat gigi bagian dalam, dst”.

Hasil observasi menunjukkan ternyata membutuhkan sebanyak 3 kali putaran menggosok gigi untuk mencapai waktu selama 2 menit.

Hari #2, 10 Oktober 2018: Belajar Keramas

Hari ini jadwalnya keramas, sebenarnya ini adalah bagian yang paling berat buat Kakak karena dia takut banget kalau sampai shamponya masuk ke mata. Saya teringat akan diskusi di group Bunda Sayang batch #4 Internasional, bahwa beberapa dari mereka menerapkan pemberian reward atas hasil usaha anak-anaknya. Saya bilang ke Kakak kalau bisa keramas sendiri saya kasih stiker. Dan ternyata Kakak mau banget dapet stikernya. Lucunya, stikernya gak mau ditempel di chart seperti yang saya tawarkan, maunya ditempel di bajunya aja 😅

Pada saat keramas awalnya saya biarkan untuk mencobanya sendiri terlebih dahulu, ternyata Kakak ketakutan sekali shamponya masuk ke mata, jadi area yang terkena shampo cuma kepala bagian atas saja. Area rambut dekat dengan muka tidak dibersihkan. Akhirnya saya membantu Kakak sambil memberikan contoh bagaimana membersihkan rambut yang benar.

Lalu, bagaimana perkembangan Kakak dengan gosok giginya? Tadi pagi sih sudah bisa ya sikat gigi sendiri 3 putaran juga (kira-kira 2 menit). Hanya perlu diingatkan diakhir untuk menggosok lidahnya juga.

Selesai mandi kami pergi ke toko untuk membeli stiker reward. Saya bebaskan Kakak memilih stiker apapun. Awalnya saya tawarkan stiker bentuk bintang sebagai reward, tapi ternyata maunya seperti gambar yang di bawah ini. Dan setelah membeli, Kakak menempelkan stikernya di bajunya, hahaha

_20181009_2047066893884039074627109.jpg

Hari #3, 11 Oktober 2018: Belajar Menggosok Badan dengan Sabun

Hari ini Kakak belajar bagaimana menggosok badan dengan menggunakan sabun. Sabun yang saya gunakan disini yang bentuk botolnya pump, jadi gampang buat anak tinggal pencet-pencet saja. Botol sabun saya bantu letakkan di bawah, jadi Kakak mudah untuk mengambilnya.

Malam sebelumnya saya ajak Kakak nonton BathSong, tujuannya adalah mengajarkan bagian-bagian tubuh yang digosok dan secara tidak langsung ingin menunjukkan bahwa mandi itu adalah suatu hal yang menyenangkan lewat lagu atau video tersebut.

Pada saat mandi awalnya saya biarkan dia sendiri menggosok tubuhnya, sebagai bahan observasi juga, kemudian saya bantu sambil mengajarkan bagaimana menggosok badannya dengan benar.

Hari ini tidak ada jadwal keramas, menggosok giginya pun juga sudah makin lancar. Tapi Kakak masih lupa kalau harus menggosok lidahnya, masih harus diingatkan.

Hari #4, 12 Oktober 2018: Belajar Keramas (2)

Karena dirasa belum begitu berhasil di percobaan yang pertama, maka hari ini kami mencoba untuk belajar keramas (lagi).

Pada saat mencoba lagi-lagi deh Kakak ketakutan banget kena shampo ke matanya, jadi yang dikasih sabun cuma kepala atasnya aja. Entah dapet ilham darimana akhirnya saya teringat akan cermin!! Ya, Kakak saya ajak untuk keramas di depan cermin!!

Dan hasilnya? Ah seneng banget Kakak jadi lebih mudah untuk menggosok rambutnya. Dia jadi tau bagian-bagian rambut mana yang belum kena sabun. Dan karena bisa lihat, Kakak jadi bisa kira-kira sendiri untuk menggosok rambut depan tanpa takut sabun masuk ke mata .

Di hari ke empat menggosok badan dengan sabun sudah bisa, hanya perlu diingatkan untuk menggosok bagian punggung juga karena memang susah sih ya. Menggosok gigi juga sudah lancar, tapi Kakak masih lupa menggosok lidahnya. Kita coba lagi besok deh.

Hari #5, 13 Oktober 2018: Belajar Memakai Handuk

Di hari yang ke 5 ini kami fokuskan untuk belajar memakai handuk. Sehabis keramas saya ajarkan bagaimana mengeringkan rambut dengan handuk dengan cara menggosok-gosokannya. Kalau bagian badan cukup mudah untuk Kakak melakukannya sendiri, tapi untuk punggung hmm tantangan banget kayanya ya. Perlu diulang berkali-kali mengajarkan bagaimana mengeringkan punggung.

Untuk keramas, menggosok badan dengan sabun dan menggosok gigi hari ini tinggal mengulang saja. Sejauh ini Kakak sudah bisa melakukan semuanya sendiri, tapi untuk gosok gigi sepertinya perlu diingatkan lagi untuk menggosok bagian lidahnya.

Karena Kakak lupa untuk menggosok lidahnya selama empat hari berturut-turut kedepannya saya akan tempelkan gambar ini di kamar mandi supaya Kakak ingat.

Untitled design (1)

#Harike6-10
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#Bunsay4internasional
#InstitutIbuProfesional

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.