Komunikasi Produktif Hari ke 7: Mengganti Kata Interogasi Menjadi Observasi

art-1851483_1920

Liburan sekolah sudah usai, minggu ini Kakak kembali ke rutinitas sekolahnya. Sebelum liburan, teacher sekolahnya kakak memberikan suatu kertas dokumen yang harus diisi dan dikembalikan setelah liburan selesai.

Pada saat memberikan informasi ke Kakak untuk menyampaikan kertas ini ke teachernya, saya mencoba untuk menggunakan salah satu kaidah komunikasi produktif, yaitu mengatakan apa yang kita inginkan bukan apa yang kita tidak inginkan, dengan menghindari penggunaan kalimat-kalimat negatif (menggunakan kata tidak, jangan, dll).

Mama: “Kak, nanti kertas ini tolong kasihkan ke teacher ya” (Menggunakan kata ini lebih baik daripada kalimat : “Kak, jangan lupa ya kertasnya dikasih ke teacher”)

Kakak; “Okay”

Setelah Kakak pulang sekolah, saya mencoba untuk menanyakan apakah dokumen tersebut sudah disampaikan ke teacher atau belum. Dalam hal ini saya mencoba untuk menggunakan salah satu kaidah komunikasi produktif, yaitu mengganti kalimat interogasi dengan kalimat observasi. Karena namanya juga observasi, saya cek dulu dong di tasnya apakah masih ada dokumennya atau tidak, hahaha. Oh, ternyata sudah tidak ada. Lalu saya buka communication book (semacam buku catatan dari teacher ke orang tua murid, dan sebaliknya), ternyata sudah ada pesan yang menyatakan bahwa dokumen tersebut sudah diterima oleh teacher.

Mama: “Kak, Mama lihat kertasnya sudah tidak ada di tas, boleh cerita gak tadi gimana ngasihnya ke teacher?” (Menggunakan kata ini lebih baik daripada kalimat: “Kak, udah kasih suratnya apa belum?”)

Kakak: “Itu tadi teachernya ngambil sendiri dari tasnya Kakak”

Hahaha, nampak nya kakak lupa ngasih di awal, memang teacher setiap hari selalu mengecek communication book di tas masing-masing muridnya, untuk mengecek siapa tahu ada catatan khusus dari orang tua murid ke teacher.

Tak apalah, walaupun begitu saya tetap mengucapkan terima kasih ke Kakak. Dan tak lupa saya pun juga mengucapkan terima kasih pada teacher 🙂

komunikasi produktif 7

#hari7

#gamelevel1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbundasayang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.